Notice: unserialize(): Error at offset 4084 of 4096 bytes in /home/kreatifc/public_html/system/library/cache.php on line 27Notice: unserialize(): Error at offset 4084 of 4096 bytes in /home/kreatifc/public_html/system/library/cache.php on line 27 FAQ iPOS4.0 ( Lanjutan )
Pencarian
Mode Lengkap » Cari
 
Facebook Page

FAQ iPOS4.0 ( Lanjutan )

FAQ SOFTWARE IPOS 4 LANJUTAN 


26. Q: Ketika klik Print Transaksi muncul pesan : Maaf gagal memproses berkas. Pesan Error: There are following Error in script(s): line 0, common 0:error CS0009: Metadata file C:\Windows\assembly\GAC_64\System.Web\2.0.0.0_b03f5f7f11d50a3a\System.Web.dll  could be opened -- No Metadata Was Found .
Bagaimana solusi untuk problem ini? 


A: Berikut solusi mengenai error printing transaksi.

1. Buka Faktur Penjualan yang akan diprint. Klik tombol CETAK (sebelumnya
transaksi tersebut sudah ada status pembayaran , apakah Kredit atau Tunai,
lalu SIMPAN) .
2. Pada Pilihan Faktur Jual mana yang akan dicetak, pilih salah satu, misal
Faktur Jual 1. Setelah dipilih , klik tombol DISAIN.
3. Muncul Design Report.
4. Pada tab bagian tengah , cari tombol bertuliskan SCRIPT dan Klik . Saya
beri warna merah pada capture terlampir.
5. Hapus tulisan script yang tertera di situ.

6. Klik kembali tab Designer (di sebelah kiri SCRIPT) . Lalu save

7. Coba lakukan printing/pencetak pada faktur Jual 1.
8. Jika ketika cetak Faktur Jual 2 timbul permasalahan yang sama, lakukan
step by step yang sama pada Faktur Jual 1.

Jika problem masih keluar mohon dicek ulang apakah pernah menghapus atau mengedit desain Faktur jika ya informasikan ke kami Faktur mana yang di rubah desainnya, kami akan emailkan desain defaultnya.


27. Q: Apa perbedaan mendasar antara Program iPOS 4.0 dengan iPOS3.3 ? 

A:  Perbandingan Software Toko iPOS4.0 dengan iPOS3.3

 

28. Q : Untuk mencetak bukti penjualan Kasir, apakah bisa dengan printer Inkjet / Laser? 
       A  : Untuk saat ini pencetakan bukti penjualan Kasir baru bisa compatible dengan Mini Printer atau Dot matrix dengan kertas struk kecil. 

29. Q:  Ketika mencetak laporan Laba Kotor Jual Rekap, terlihat harga pokok yang tidak sesuai dengan settingan awal sehingga menimbulkan kerugian.
Kenapa hal ini terjadi?

       A: Penyebabnya bisa bermacam-macam, tergantung kasus. Secara umum , hal ini bisa terjadi karena ada perubahan harga pokok pada bulan tertentu (bulan sebelum saat ini) tetapi belum melakukan Proses Data Bulanan, sehingga pada laporan saat ini dianggap memakai harga pokok yang lama sehingga minus.  Analisa ini dapat dilihat dengan memanfaatkan fitur Analisa Laba Jual Detail yang ada di menu LAPORAN - > Laba Jual -> Analisa Laba Jual Detail. Lalu tentukan tanggal dan kode barang yang ingin dianalisa. 

30. Q: Pada Software Toko iPOS4.0 terdapat beberapa menu baru yang saya temui di Pengaturan -> Pengaturan DB yaitu Vacuum Standard, Vacuum Full,Patch,Reindex. Bisa dijelaskan ini maksudnya apa ya?
A:  Vacuum Standard :  pembersihan sampah (cache yg tidak dipakai lagi) yang ada di database mode standar, prosesnya lebih cepat.
    Vacuum Full : 
sama fungsinya seperti Vacuum Standard, dimana prosesnya lebih lama.
    Re-Index: 
Untuk membuat index database, biasanya untuk database yang sudah banyak datanya. fungsinya mempercepat database
    Patch Database : 
untuk memperbaiki database, kasus tertentu saja (atas arahan dari admin inspirasi)
    **** vacuum = repair/compact database

31. Q: Apakah yang dimaksud Analisa Laba Jual Detail yang terdapat di menu Laporan -> Laba Jual ?
       A : Analisa Laba Jual : untuk mengetahui jumlah laba penjualan per item. Beserta untuk mengetahui dari mana datangnya harga pokok tersebut

32. Q: Apakah fungsi dari  Analisa Jurnal Tidak Seimbang yang terdapat di menu Laporan -> Data Jurnal ?
       A : Analisa Jurnal Tidak Seimbang berfungsi untuk mengetahui debet dan kredit pada jurnal yang totalnya tidak sama, ini akan mengakibatkan kesalahan pada perhitungan Neraca

33. Q : Kami mengalami eror ketika proses bulanan. Ada pesan : error :42883 : function Prosesjurnaltrs_pesanan(integer, integer, integer) does not exist.Bagaimana solusinya?
     A : Solusinya yaitu
1. Backup database.
2. Instal Update program.
3. Buka program, buat database baru.
4. Restore Database dari point 1. Saat restore pastikan sudah tidak ada error.
5. Setelah restore program berhasil. Tutup Program
6. Buka program. Proses ulang

34. Q : ipos 4.0 tidak dapat connect ke database server setelah instal ulang windows xp?

       A : alternatifcoba ketik IP

  •  iPos 4 databasenya Postgree.
  • Jadi Beda sistem database, database pun tidak bisa digabungkan.
  •  iPos 4 dengan sistem Sharing Protocol TCP/IP.
  •  Jadi database iPos 4 tidak bisa di dengan metode File Sharing.

35. Q : Bagaimana cara mengcopy data ke komputer 1 ke komputer lainnya?
       A : Dapat mengikuti step by step dibawah ini :
      

36. Cara Copy Folder Database iPos 4.0 ke Komputer Lain :

Untuk mengcopy data dari Komputer A ke Komputer B :

1. Pada Komputer A
     Ambil folder “data” dari tempat instalasi database :
     Umumnya di c:\ipgsql atau d:\ipgsql, simpan folder data pada Flashdisk

        

2. Pada Komputer B (Point/Nomor 2 dan seterusnya)
    Instal Database iPos 4.0 letakan pada drive D: atau drive non system.
3. Masuk ke Control Panel->Administrative Tools->Services
     Klik 2x Services  

         
4. Carilah Service “iPgSQL” 

          
5.  Klik 2x service “iPgSQL” maka akan tampil seperti dibawah,
      Setelah itu klik tombol Stop.


          

6. Setelah service di stop (Pada Komputer B), dan agar tidak terjad
     kesalahan maka rename dulu folder “data” menjadi“data_lama” 
     yang ada di komputer B
     Seperti Gambar dibawah
:

           

7. Setelah di rename maka copy folder “data” dari Flashdisk ke tempat instalasi database, seperti gambar dibawah :

             
8.  Setelah selesai di copy anda kembali buka Control Panel->Administrative Tools->Services
9. Cari Service “iPgSQL”
10. Klik 2x Serive “iPgSQL”
11. Klik Start, seperti gambar dibawah :

             

 (Gambar kanan menunjukan service telah berhasil running dengan status “Started”)

12.    Jalankan program iPos 4.0 cek database.

Konfigurasi penting Penting Apabila :
Komputer A Windows Vista/Win7 dan 
Komputer B XP, sbb : (jika windows sama maka abaikan ini)

  1. Edit File “pg_hba.conf” yang ada pada folder “c:\ipgsql\” atau “d:\ipgsql”
    Gunakan notepad.
  2. Pada baris ke 2 Tabahkan tanda “#” didepannya, seperi berikut :
    host    all        all        0.0.0.0            0.0.0.0            md5
    #host  all        all        ::          ::          md5
  3. Simpan File.


Cara Mengetahui Database iPos 4.0 Aktif atau Tidak

Apabila Database Program Toko iPos 4.0 tiba-tiba tidak dapat diakses kemungkinan service database tersebut dalam keadaan tidak aktif atau mati.

Beberapa hal bisa menjadi penyebab database tidak bisa aktif :

  • Diblokir oleh antivirus
  • Database terhapus secara sengaja atau tidak sengaja
  • Program database rusak
  • Program database terkena virus

Berikut ini adalah cara untuk mengetahui status database aktif atau tidak :

  1. Klik Tombol Start Windows
  2. Klik Control Panel
  3. Cari Administrative Tools (Win XP)
    Cari System and Maintenace, klik Administrative Tooks (Win 7)
  4. Klik Services
  5. Cari Service dengan nama "iPgSQL" kemudian klik 2x
  6. Kemudian Lihat status servicenya.

             

7. Klik tombol Start, kemudian tunggu informasi statusnya.
    Apabila status berubah menjadi "Started" maka Database bisa aktif kembali
    Apabila ada pesan error maka database tidak bisa dijalanlankan, silahkan kirim informasi error tersebut.

 
Restore Database iPos 4.0 yang benar.

 

Berikut ini adalah cara restore database yang benar :

  1. Masuk ke menu Pengaturan->Restore Database
  2. Klik Browse kemudian Pilih file backup
  3. Tunggu sampai proses selesai.


     
  4. Setelah selesai cek Informasi proses, dengan klik tombol "Info Proses"  


     
  5. Apabila terdapat info Error seperti diatas "WARNING: error dan seterusnya..." maka lakukan proses restore database lagi sampai tidak ada error. Seperti gambar dibawah : 


     
  6. Setelah info proses tanpa error maka anda harus TUTUP PROGRAM dahulu, kemudian buka kembali. 

 

 

Cara setting Ukuran Kertas Nota/Bukti/Laporan pada Program Toko iPos 4.0

Berikut ini adalah cara untuk mengatur Ukuran kertas Nota/Bukti/Laporan pada Program Toko iPos 4.0. Untuk mengganti/mendisain ukuran kertas maka anda harus aktivasi terlebih dahulu.

  1. Buat sebuah transaksi yang akan diedit. Contoh adalah : Transaksi Penjualan
  2. Klik tombol Cetak.
  3. Pilih Nota/Bukti yang akan di edit, Contoh : Faktur Jual 1
  4. Klik tombol Design
  5. Window Design Report akan tampil
  6. Carilah panel Property Grid pada bagian Kanan Bawah, seperti gambar dibawah ini :


     
  7. Terdapat Combo Box, pilihlah “xReport Report”, seperti gambar dibawah :


     
  8. Carilah Pengaturan Property dengan Nama “Page Setting”, seperti gambar dibawah :


     
  9. Ubahlah jenis kertas pada “Paper Kind”
  10. Jika menggunakan ukuran sendiri seperti ½ letter maka ubahlah “Paper Kind” menjadi “Custom”Kemudian setting ukuran kertasnya sebagai berikut :
    Pada Paper Height : 1397
    Pada Paper Width : 2159
    Lihat gambar dibawah ini :


  11. Kemudian simpan Report, dari menu File->Save


    Keterangan :
    1.    Design Report ini tidak berlaku pada nota kasir.
    2.    Design Report bisa digunakan setelah Akltivasi.

 



Menggunakan IPOS 4.0 Pada Jaringan Pada Windows 7 Sebagai Server Database

Berikut ini adalah cara untuk setting jaringan pada Windows 7 (Pada Bagian Server) :

  1. Instal Program iPos 4.0 pada Windows 7.
  2. Instal Database iPos 4.0 pada Windows 7.
  3. Buka Program Toko 4.0 / iPos 4.0, kemudian buat database baru.
  4. Klik tombol Start Windows->Control Panel->System and Security



  5. Kemudian klik “Windows Firewall”



  6. Klik “Advance Setting“



  7. Akan tampil “Windows Firewall and Advance Setting”,
    Kemudian klik “Inbound Rules”



  8. Lalu klik “New Rules”
  9. Akan tampil “New Inbond Rule Wizard”
    Pada “What type of rule would you like to create?
    Pilihlah “Port

 

Copyright-2016 @KreatifCD
Vila Pamulang, Blok DJ4/9,Jl. Rajawali 4, Pd.Petir,Bojongsari, DEPOK
0856 7227 362 - 0853 1219 2239 - 0878 8306 4727
WhatsApp: 0878 8306 4727(CS) atau 0853 1219 2239(Support)